NEWS
Searching anything about Burgari Product? Learn more about them here.
image
Rabu, 26 Feb 2019
Tips Efektif Dalam Merawat Rantai Motor
Bagi Anda pengguna sepeda motor untuk sarana transportasi sehari-hari, pada saat musim hujan, persoalan yang berpotensi terjadi adalah rantai roda (drive chain) bermasalah. Kejadian rantai kendur, berisik (terutama bagi sepeda motor yang tidak menggunakan tutup rantai), hingga pin kendur atau rusak sehingga lepas bahkan putus sangat mungkin terjadi.
 
Bila hal itu terjadi, tak cuma biaya yang harus Anda keluarkan tetapi juga tenaga bahkan rasa kesal karena perjalanan Anda terganggu. Caranya pun cukup mudah dan murah.
Hanya, apa saja yang perlu dilakukan, kemungkinan masalah apa saja yang biasa terjadi? Berikut tipsnya :
 
Setel rantai secara teratur
 
Penyetelan bukan sekadar mengencangkan atau mengendurkan rantai, tetapi juga mengatur pengunci pin sambungan serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000 kilometer.Tingkat ketegangan rantai sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter. Untuk mengetahui ukuran itu ada di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung bawah shockbreaker roda belakang.
 
Melumasi rantai
 
Sejatinya pabrikan telah merancang, sepanjang umur pemakaian rantai tidak perlu pelumasan. Namun, karena faktor-faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak.
 
Hanya, selama ini orang salah kaprah dalam memberi pelumasan. Umumnya orang melumasinya dengan menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. Padahal, dengan kondisi rantai tanpa tutup maka cairan oli akan menyiprat ke mana-mana saat motor dijalankan.
 
Pada saat hujan, oli tersebut juga akan bercampur dengan air hujan yang bersifat asam. Sehingga, kemampuan oli untuk melumasi juga berkurang. Padahal, dalam kondisi normal efektivitas oli untuk melumasi rantai tidak lebih dari seminggu. Karena itu gunakan grease atau gemuk untuk melumasi rantai.
 


Artikel dari: MAF
Latest News
Kamis, 6 Juni 2018
Kamis, 6 Juni 2018