NEWS
Searching anything about Burgari Product? Learn more about them here.
image
Rabu, 08 Jan 2019
Sekilas Mengenai Gemuk

Fungsi Utama Oli Gemuk

American Society for Testing Materials (ATSM) mendefenisikan gemuk sebagai sebuah product solid yang semi cair yang mempunyai tingkat dispersi serta tingkat kepekatan yang cukup.

Komposisi Oli Gemuk

Sesuai dengan defenisi dari gemuk diatas, ada 3 komponen utama yang membentuk pelumas gemuk. Komponen ini adalah yang pertama minyak, thickener atau matrix dan additive. Base oil (mineral ataupun sintesis) dan bahan additive merupakan komposisi yang paling banyak dicampur dalam pembuatan gemuk. Thickener berbentuk seperti perpaduan sabun, clay atau pun bahan bahan sintesis lainnya

Oil Base

Kebanyakan produk pelumas gemuk pada saat sekarang menggunakan minyak yang mengandung mineral sebagai komponen fluidnya. Pelumas gemuk berbahan dasar mineral ini biasanya dapat menjalankan mesin sesuai standar factory dari mesin tersebut. Namun di lingkungan yang ekstrim, misalnya sangat dingin atau sangat panas, Oli Gemuk biasanya menggunakan base oil yang terbuat dari bahan sintesi karena hal ini akan membuat mesin lebih stabil.

Thickener atau Matrix

Thickener adalah material kombinasi antara beberapa pelumas pilihan lain, yang akan menghasilkan struktur yang solid namun semifluid. Bahan bahan utama yang terdapat di thickener adalah metallic soap (lithium, clay, polyuera, sodium dan kalsium. Belakangan ini gemuk dengan tingkat thickener yang kompleks mendapat sorotan khusus. Gemuk mempunyai dropping point yang tinggi serta mempunya kemampuan membawa bahan yang tidak diinginkan dengan baik. Thickeners nonsoap digunakan pada mesin yang mempunyai linkungan dengan suhu yang tinggi. Contoh thickener yang kuat dan tidak memeleh pada suhu yang tinggi adalah Bentonite dan Silica AeroGel.

Additive

Additive mempunyai beberapa peranan dalam pelumas Oli Gemuk. Bahan yang terkandung dalam additive biasanya adalah bahan yang mengandung anti karat, yang mempunyai oksidan, bahan yang kuat tekanan tinggi, dan bahan yang mengurangi gesekan antara part mesin satu dengan part mesin yang lain

Fungsi Dari Gemuk

Fungsi utama dari gemuk adalah untuk teteap terus menempel dan melumasi dua bagian part mesin. Gemuk dan oli adalah dua pelumas yang tidak dapat saling menggantikan. Gemuk biasanya digunakan pada mesin yang lebih sering di hidupkan dan dimatikan. Mesin-mesin yang sesuai dengan penggunaan gemuk adalah :

  1. Mesin yang berjalan di waktu yang pendek.
  1. Mesin yang bagiannya tidak terjangkau dengan oli. Tugas dari Oli Gemuk ini adalah menyegel atau seal jangka waktu yang lama seperti pada gearbox
  2. Mesin yang bekerja pada kondisi yang ekstrim seperti pada temperature tinggi, tekanan yang tingg, shock yang tinggi dan mesin yang berjalan dalam kecepatan lambat dengan muatan besar

Fungsi kedua dari grease adalah sebagai sealant untuk meminimalizir kebocoran dan untuk menjaga mesin dari kontaminan yang tidak diinginkan. Karena ke konsistensi dari sifat gemuk.

Gemuk juga mencegah masuknya kontaminan yang bersifat korosif dan benda asing.

Fungsi yang tiga dari gemuk adalah pelumas yang lebih mudah di gunakan daripada oli. Pelumas oli biasanya membutuhkan system penggantian dan pemasangan yang mahal.

Yang ke empat adalah kita tidak perlu mengontrol dan memonitori fluid level.


Pastikan anda memiliki gemuk yang berkualitas untuk kendaraan anda. Burgari grease kini hadir untuk menjual gemuk di Jakarta dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Latest News
Kamis, 6 Juni 2018
Kamis, 6 Juni 2018